Apa rahasia kehebatan tauhid, sehingga
mampu menghapus segala dosa, sebesar apapun ?
Seorang Umar bin Khathab Radhiyallahu
anhu misalnya, tokoh yang sebelum masuk Islam terkenal paling menentang ajaran
Islam dan terkenal dengan kekafirannya serta pernah mengubur putrinya
hidup-hidup. Namun dengan masuk Islam, mentauhidkan peribadatan hanya kepada
Allâh Subhanahu wa Ta’ala saja, maka terhapuslah segala dosa dan kesalahannya
yang menggunung. Bahkan menjadi tokoh paling mulia di sisi Allâh sesudah Abu
Bakar Radhiyallahu anhu.
Apalagi jika kesalahan seseorang lebih
kecil, tentu akan lebih mudah terhapus dengan tauhid. Bahkan jika kesalahan
serta kekufurannya lebih besar dari Umar Radhiyallahu anhu sekalipun, tetap
semua itu akan hapus dan sirna dengan tauhid.
Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda, bahwa Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“…وَمَنْ لَقِيَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطِيْئَةً لاَيُشْرِكُ بِي شَيْئًا، لَقِيْتُهُ بِمِثْلِهَا مَغْفِرَةً” رواه مسلم
Allâh Azza wa Jalla berfirman, “…Dan
barangsiapa menjumpai-Ku dengan membawa kesalahan sepenuh bumi dalam keadaan
tidak mempersekutukan sesuatupun dengan Aku, maka Aku akan menjumpainya dengan
ampunan yang sepenuh bumi pula”. [HR. Muslim][1] .
Dalam Sunan Tirmidzi, dari Anas
Radhiyallahu anhu , beliau mengatakan bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda, Allâh Tabaraka wa Ta’ala berfirman :
يَاابْنَ آدَمَ! إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأرْضِ خَطَايَا، ثُمَّ لَقِيْتَنِي لاَتُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً
"Wahai anak Adam! Sesungguhnya jika engkau datang menghadap kepada-Ku dengan membawa kesalahan-kesalahan sepenuh bumi, kemudian engkau datang kepada-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan sesuatupun dengan Ku, maka Aku akan datang kepadanya dengan membawa ampunah sepenuh bumi pula"[2].
Syaikh Abdur Rahman bin Hasan Aal
asy-Syaikh (wafat th. 1285 H) menyebutkan bahwa al-Hâfizh Ibnu Rajab al-Hanbali
rahimahullah mengatakan,
“Barangsiapa yang datang dengan membawa tauhid (kepada Allâh), meskipun memiliki kesalahan sepenuh bumi, niscaya Allâh akan menemuinya dengan membawa ampunan sepenuh bumi pula”[3]
Maksudnya, hadits di atas menegaskan
bahwa siapa yang bertauhid dengan sempurna, maka bisa mendapat ampunan dari
dosa-dosanya meskipun dosa-dosa itu memenuhi bumi. Bukan hanya itu, Rasûlullâh
Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menegaskan bahwa orang yang sempurna tauhidnya,
tidak akan diadzab oleh Allâh di akhirat.
Dalam hadits Mu’adz bin Jabal
Radhiyallahu anhu tentang hak dan kewajiban hamba kepada Allâh Subhanahu wa
Ta’ala , Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
حَقُّ اللهِ عَلَى الْعِبَادِ أَنْ يَعْبُدُوا اللهَ وَلاَيُشْرِكُوْا بِهِ شَيْئاً، وَحَقُّ الْعِباَدِ عَلَى اللهِ : أَنْ لاَ يُعَذِّبَ مَنْ لاَ يُشْرِكُ بِهِ شَيْئاً. قُلْتُ: ياَرَسُوْلَ اللهِ، أَفَلاَ أُبَشِّر الناَّسَ؟ قَالَ : لاَتُبَشِّرْهُمْ فَيَتَّكِلُوْا. أخرجاه
Hak Allâh yang menjadi kewajiban para hamba ialah agar mereka beribadah kepada Allâh saja dan tidak mempersekutukan sesuatupun (syirik) dengan Allâh. Sedangkan hak hamba yang akan diperoleh dari Allâh ialah bahwa Allâh tidak akan mengadzab siapapun yang tidak mempersekutukan (syirik) sesuatu dengan Allâh.” Aku (mu’adz) berkata, ‘Wahai Rasûlullâh, tidakkah kabar gembira ini aku sampaikan kepada orang banyak ?’ Beliau menjawab, “Jangan engkau kabarkan kepada mereka, sebab mereka akan bergantung (dengan mengatakan: yang penting tidak syirik-pen) [HR. Bukhari dan Muslim][4]
Hadits ini menunjukkan, orang yang sama
sekali tidak berbuat syirik dalam beribadah kepada Allâh Subhanahu wa Ta’ala ,
ia tidak akan di adzab.
Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda pula :
مَنْ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، وَأَنَّ عِيْسَى عَبْدُ اللهِ وَابْنُ أَمَتِهِ، وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِنْهُ، وَأَنَّ الْجَنَّةَ حَقٌّ وَأَنَّ النَّارَ حَقٌّ، أَدْخَلَهُ الله مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةِ شَاءَ(وفى رواية: أَدْخَلَهُ الْجَنَّةَ عَلَى مَا كَانَ مِنَ الْعَمَلِ). أخرجاه
Siapa yang berkata: Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Allâh saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, juga bersaksi bahwa Isa adalah hamba Allâh dan anak hamba (perempuan) Allâh, ia adalah manusia yang dicipta dengan kalimat-Nya, lalu dimasukkan ke dalam diri Maryam, dan ia adalah ruh yang dicipta oleh Allâh. Juga bersaksi bahwa sorga adalah benar adanya, dan nerakapun benar adanya, maka Allâh pasti akan memasukannya ke dalam sorga, melalui pintu mana saja yang dia kehendaki dari pintu-pintunya yang delapan. (Dalam riwayat lain: maka Allâh pasti akan memasukannya ke dalam sorga, sesuai dengan amal perbuatan yang dilakukannya). [HR. Bukhari dan Muslim][5]
Oleh; Ustadz Ahmas Faiz Asifuddin
Sumber; https://almanhaj.or.id
REFERENSI;
1. Fathul Bâri Syarh Shahîh al-Bukhâri
2. Shahîh Muslim Bisyarhi an-Nawawi, Tahqîq wa Takhrîj: ‘Ishâm ash-Shababithiy Hazim Muhammad dan ‘Imad ‘Amir. Daar al-Hadits, Kairo, cet. III, 1419 H/1998 M
3. Shahîh Muslim Syarh an-Nawawi, Tahqiq : Khalail Ma’mun Syiha
4. Shahîh Sunan at-Tirmidzi, Syaikh al-Albâni, Maktabah al-Ma’ârif, Riyâdh, cet. I dari terbitan terbaru,
5. Dar’u Ta’ârudh al-‘Aql wa an-Naql, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Tahqiq: Iyad bin Abdul Lathif bin Ibrahim al-Qaisy, Maktabah ar-Rusyd, cet.I, 1427 H/2006 M .
1. Fathul Bâri Syarh Shahîh al-Bukhâri
2. Shahîh Muslim Bisyarhi an-Nawawi, Tahqîq wa Takhrîj: ‘Ishâm ash-Shababithiy Hazim Muhammad dan ‘Imad ‘Amir. Daar al-Hadits, Kairo, cet. III, 1419 H/
3. Shahîh Muslim Syarh an-Nawawi, Tahqiq : Khalail Ma’mun Syiha
4. Shahîh Sunan at-Tirmidzi, Syaikh al-Albâni, Maktabah al-Ma’ârif, Riyâdh, cet. I dari terbitan terbaru,
5. Dar’u Ta’ârudh al-‘Aql wa an-Naql, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Tahqiq: Iyad bin Abdul Lathif bin Ibrahim al-Qaisy, Maktabah ar-Rusyd, cet.I, 1427 H/
0 komentar:
Posting Komentar