Home » » Apa Yang Menjadi Hak Allah Subhanahu Wa Ta’Ala Atas Hambanya?

Apa Yang Menjadi Hak Allah Subhanahu Wa Ta’Ala Atas Hambanya?

Apa Yang Menjadi Hak Allah Subhanahu Wa Ta’Ala Atas Hambanya?
RasulullahShallallahu alaihi wasallam. Dalam sebuah hadits yang dikeluarkan oleh Iman Bukhari dan Imam Muslim rahimahumallahu ta’ala dalam kedua kitab shahihnya dari sahabat Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu dia berkata:
قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ( يا معاذ, أ تدرى ما حق الله على عباد ؟ ) قال : الله و رسوله أعلم, قال : ( أن يعبدوه ولا يشركو به شيأ, , أ تدرى ما حقهم عليه ؟) قال : الله و رسوله أعلم, قال : (أن لا يعذبهم) و فى لفظ لمسلم : ( و حق العباد على الله عز و خل أن لا يعذب من لا يشرك به شيأ )
Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda : “wahai Mu’adz, tahukah engkau apa hak Allah atas para hamba-Nya ?” Mu’adz berkata : Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui, Beliau bersabda : (yaitu)“hendaknya mereka beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, (dan) tahukah engkau hak hamba terhadap Allah ?” Mu’adz berkata : Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui, Beliau bersabda : “Dia tidak akan mengadzab mereka1,
Dan dalam lafadz Imam Muslim : “bahwasanya Allah tidak akan mengadzab orang yang tidak menyekutukan-Nya2
Mu’adz bin Jabal ketika mendapatkan hadits ini kemudian bertanya kepada Rosululloh. “wahai Rosululloh, bolehkah aku sampaikan hal ini sebagai kabar gembira untuk umat manusia?? Rasulullah SAW menjawab “janganlah kamu sampaikan hal ini kepada mereka nanti mereka mengampangkan masalah amal!” (HR.Bukhori Muslim).
Ketika mendapatkan hadits ini menurut Mu’ad ini adalah informasi yang luar biasa bagi manusia, karena manusia dgn menjaga untuk tidak menyekutukan Allah manusia mendapat hak untuk masuk surga. Namun Rosulullah melarang untuk menyampaikan hadits ini bukan dalam rangka menyembunyikan ilmu namun karena ada maslahat besar yang diinginkan oleh Nabi shalallahua’alaihi wa sallam agar umatnya tidak meremehkan dalam masalah amal. Ketika sebab itu tidak aa menurut pemahaman Mu’ad maka dia menyampaikan hadits ini kepada murid2nya dan masyarakat.


        Dalam hal ini Rosululloh SAW menjelaskan tanggungjawab terbesar umat manusia kepada Allah SWT hanya beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan Allah SWT. Artinya setiap manusia yang diciptakan oleh Allah mereka punya beban, punya tugas tidak boleh diam saja. Mereka harus melakukan amal untuk beribadah dan menyembah Tuhan nya.
Allah Azza wa Jalla berfirman :
Artinya : tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu” (QS. Adz Dzariyat : 56).
Dan tidak boleh memberikan segala bentuk peribadatan atau pengagungan kepada selai Allah SWT. Seseorang bisa dikatakna beribadah kepada Allah SWT apabila dalam waktu yang sama tidak melakukan kesyirikan. Ini adalah tugas terbesar hamba yang menjadi kewajibnya kepada Allah SWT.

Ketika seorang hamba melakukan kewajiban semacam ini kepada Allah, apa hak hamba yang dijanjikan oleh Allah SWT. Nabi shalallu’alaihi wa sallam menyebutkan Allah tidak akan menghukumnya tidak akan menyiksanya selama hamba itu berusaha untuk tidak menyekutukan Allah, hanya beribadah kepada Allah dan meninggalkan semua bentuk kesyirikan.
Yang dimaksud tidak disiksa oleh Allah ada 2 keterangan menurut para ulama
1.      sama sekali tidak disiksa oleh Allah artinya dia masuk surga tanpa hisab tanpa ajab.
2.      dihukum terlebih dahulu oleh Allah sesuai kadar dosa yang dimiliki, hingga kemudian ketika doa itu telah habis atau diampuni oleh Allah SWT dia dimasukan ke dalam surga.. artinya dia tidak mendapat hukuman yang kekal di dalam neraka.
Dan inilah janji Allah kepada orang yang berusaha mentauhidkan Allah dan tidak menyekutukannya dalam beribadah.

Oleh; Ustad Ummi Nur Baits

Sumber; youtube Yufid Tv 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Azizahmynote.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Ads Top

ads

Find Us On Facebook

Slider

Featured Video

Featured Video

Style2[OneLeft]

Recent Posts

Video Of Day

Belajar tidak mengenal waktu dan usia,
karena kesempatan milik semua orang yang sadar akan pentingnya ilmu!.

Copyright © 2016 Azizahmynote.com

Sponsor

Post AD

Home AD

Facebook

GENRES

Video Of the Day

Facebook

 
Copyright © 2015 Journeys